Beranda Daerah Terminal Penumpang Pelabuhan Semayang Balikpapan Mulai Beroperasi Kembali 28 Juni 

Terminal Penumpang Pelabuhan Semayang Balikpapan Mulai Beroperasi Kembali 28 Juni 

190
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Terminal penumpang Pelabuhan Semayang Balikpapan akan beroperasi kembali mulai Minggu, 28 Juni 2020. Sebelumnya terminal penumpang tersebut ditutup sementara sejak 24 April guna mencegah penularan Covid-19.

Semua penumpang sebelum masuk kapal akan dilakukan pemeriksaan ulang oleh KKP tepat di pintu masuk kapal mulai dari surat kesehatan serta identitas diri penumpang. Hal tersebut untuk menyesuaikan identitas penumpang dengan nama yang tertulis di tiket dan hasil rapid test. “Manager Pelayanan Barang, Usaha dan Tuck PT Pelindo IV Balikpapan – Fanny Herling”

Balikpapan, Kaltim | Manager Pelayanan Barang, Usaha dan Tuck PT Pelindo IV Balikpapan, Fanny Herling mengatakan, “Dibukanya kembali operasional di terminal penumpang kapal laut sebagai tindak lanjut intruksi pemerintah terkait pelonggaran transportasi di tengah pandemi covid-19,” ujarnya.

Namun demikian, kata Fanny yang akrab disapa Bimbo ini mengatakan, di tengah pandemi covid-19 bagi calon penumpang yang akan menggunakan kapal laut tetap diberlakukan beberapa syarat sesuai protokol kesehatan yang telah di atur oleh pemerintah

“Bagi calon penumpang yang akan menggunakan kapal laut nanti harus mengikuti aturan protokol kesehatan dengan menyertakan dokumen kesehatan hasil rapid test, PCR/Swab,” ujar Bimbo saat ditemui media ini diruang kerjanya pada Kamis, (25/06/2020) sore.

“Jadi, dokumen kesehatan bebas covid-19 itu harus dilakukan calon penumpang sebelum membeli tiket. Karena dokumen kesehatan itu akan diperiksa terlebih dulu oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) yang akan dibantu oleh tim Satgas penanganan covid-19 Kota Balikpapan. Setelah calon penumpang di nyatakan bebas covid-19, baru di perbolehkan beli tiket,” tambahnya

Sementara ini, kata Bimbo, di Pelabuhan Semayang yang beroperasi hanya kapal barang dan kapal penumpang jenis roro, untuk kapal laut yang akan beroperasi tanggal 28 Juni adalah kapal milik PT. Pelni dengan rute indonesia bagian timur dan tengah. Seperti tujuan Kalimantan Utara, Sulawesi, Manado, Kupang dan Surabaya.

Pihaknya juga berharap di tengah pandemi covid-19, Pelni tidak menjual tiket sebelum calon penumpang melengkapi surat kesehatan dan telah melalui pemeriksaan oleh KKP di Pelabuhan.

“Semua penumpang sebelum masuk kapal akan dilakukan pemeriksaan ulang oleh KKP tepat di pintu masuk kapal mulai dari surat kesehatan serta identitas diri penumpang. Hal tersebut untuk menyesuaikan identitas penumpang dengan nama yang tertulis di tiket dan hasil rapid test,” tandasnya (Fauzi)

Reporter : Fauzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here