Tinjau Lokasi Banjir, Dandim Sintang Himbau Warga Tetap Waspada

0
11

Komandan Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf. Rangga Bayu Widiartha melakukan peninjauan banjir di sekitaran Makodim Sintang, untuk melihat langsung kondisi genangan banjir di wilayahnya, Jumat 19/1/2024).

Sintang, Kalbar // Pengecekan yang dilakukan kali ini berdasarkan laporan yang dihimpun dari Koramil jajaran Kodim Sintang, dengan tujuan untuk melihat dan menentukan langkah serta kesiapan yang akan dilakukan apabila banjir terus meningkat.

Dandim 1205/Sintang mengatakan, banjir yang terjadi saat ini dibeberapa lokasi di Sintang jangan hanya kita sikapi sebagai banjir musiman, pengalaman 2021 yang lalu dapat kita jadikan dasar evaluasi, maka saat ini bersama perwira staf kita tinjau langsung, tentu untuk mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.
Saat ini kita terus berkoordinasi, terutama kepada staf dan Koramil jajaran untuk terus melaporkan setiap perkembangan, meski kita tahu ini banjir luapan, namun apabila intensitas dan debit air terus meningkat, tentunya akan sangat berdampak bagi aktifitas masyarakat dan ekonomi.

“Sejatinya kita tidak menginginkan peristiwa banjir 2021 kembali terulang, karena banyak dampak yang ditimbulkan, namun hal tersebut perlu menjadi pengalaman bagi kita untuk evaluasi serta antisipasi, meski saat ini belum masuk situasi tanggap, kita perlu mempersiapkan berbagai kemungkinan, salah satunya yang saat ini kita rasa siap yaitu lokasi pengungsian, Kodim Sintang akan menyiapkan apa bila dibutuhkan segera,” ucapnya.

Dandim menambahkan sampai dengan saat ini kita ketahui cuaca juga masih sering turun hujan, dan belum terlihat penurunan genangan air, maka Kodim 1205/Sintang siap bila dari BPBD, Pemda membutuhkan bantuan, terutama kepada warga yang apa bila memang sudah urgen butuh tempat mengungsi bisa kita tampung di Kodim 1205/Sintang serta Koramil-Koramil kita di wilayah.

“Kepada warga masyarakat kita menghimbau untuk selalu waspada, terutama yang di berada di lokasi terdampak, selanjutnya tentu kita akan mendukung ya jika dibutuhkan dalam penanganan banjir ini, kepada masyarakat juga jangan sungkan berkoordinasi kepada kami, baik di Kodim dan Koramil bila memang membutuhkan bantuan dan kita bisa membantu tentu kita siap untuk membantu, dan bila dalam pelaksanaannya kami belum mampu tentu akan kami koordinasikan kepada pihak lainnya,” terang Dandim Sintang. (Abdullah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here