Beranda Daerah Transformasi Digital, Koperasi Menuju Bisnis Modern Yang Kuat Dan Bermartabat

Transformasi Digital, Koperasi Menuju Bisnis Modern Yang Kuat Dan Bermartabat

51
0

Purwakarta, Jabar

Melalui transformasi digital dengan bisnis modern yang kuat dan bermartabat pemerintah berupaya agar koperasi juga bisa masuk ke berbagai sektor strategis, termasuk infrastruktur.

Demikian disampaikan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki pada peringatan Hari Koperasi ke-74 yang digelar secara virtual, Senin (12/7/2021).

Dalam peringatan tersebut, nampak hadir Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika didampingi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan, dan Perindustrian, Karliati Juanda, mengikuti puncak peringatan Hari Koperasi ke-74 Tahun 2021 sekaligus menerima Penghargaan Bakti Koperasi di Aula Janaka, Komplek Pemkab Purwakarta.
Menurut Teten Masduki, pemerintah membuat ekosistem bagi tumbuh dan berkembangnya koperasi, seperti pendirian koperasi yang dipermudah. Rata-rata di dunia, pendirian koperasi cukup 3-5 orang, sedangkan di Indonesia dalam perundangan yang lama mesti 20 orang. Sedangkan dalam Undang-Undang Cipta Kerja, syarat pendirian koperasi hanya memerlukan sembilan orang.

“Kemenkop dan UKM diberi amanat dalam RPJMN sampai tahun 2024, yaitu melahirkan 500 koperasi modern, salah satu ciri koperasi modern itu adalah koperasi yang sudah mulai menerapkan teknologi digital dalam pengelolaan usahanya, termasuk di dalam pelayanan kepada anggota. Koperasi modern juga sudah terhubung dengan offtaker yang juga terhubung dengan akses pembiayaan yang cukup baik,” kata Teten.

Dalam agenda tersebut juga diketahui, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mendapatkan penghargaan kategori pejabat megara pada peringatan Hari Koperasi ke-74 Tahun 2021. Selain pemberian penghargaan kepada para pejabat, penghargaan diberikan juga pada tokoh koperasi yang dinilai berhasil dan sukses mendorong pengembangan koperasi dan UKM.
Penghargaan tersebut merupakan bentuk apreasiasi pemerintah terhadap insan koperasi di tanah air. Penghargaan itu sekaligus juga untuk meningkatkan citra koperasi di masyarakat dan memberikan motivasi bagi koperasi untuk berkarya lebih baik.

“Alhamdulillah, saya atas nama pemerintah daerah menerima penghargaan dan Jasa Bakti Koperasi dan usaha kecil menengah tahun 2021, tadi sudah di umumkan berdasarkan keputusan Menteri Koperasi Usaha Kecil Menengah, nomor 30 tahun 2021. Tentu saja penghargaan ini adalah bukti bahwa DKUPP Kabupaten beserta jajaran dan seluruh Insan Koperasi di Kabupaten Purwakarta telah mempunyai ikhtiar upaya dan usaha untuk terus meningkatkan peran koperasi di tengah-tengah masyarakat,” kata Anne.

Menurut Anne, koperasi di Purwakarta harus bertransformasi dari koperasi secara administratif atau pembukuannya konvensional menuju koperasi yang digitalisasi atau modern.

“Sudah berapa kali kita melaksanakan pelatihan koperasi digitalisasi ini. Alhamdulillah, hari ini kita membuktikan bahwa kegiatan atau usaha kita itu diberikan nilai oleh pusat, ini akan menjadi motivasi bagi kami,” demikian Ambu Anne. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here