Beranda Daerah Universitas Galuh Ciamis Wisuda 508 Siswa Dari Berbagai Fakultas Secara Daring

Universitas Galuh Ciamis Wisuda 508 Siswa Dari Berbagai Fakultas Secara Daring

133
0

Kebahagian nampak menyelimuti para wisudawan dan keluarga. Pasalnya jerih payah perjuangan yang panjang akhirnya dapat di tebus dengan raihan gelar sarjana yang didambakan. “Mereka dinyatakan lulus serta meraih gelar akademik.”

Ciamis, Jawa Barat | Demikian dikatakan Ketua Pelaksana Wisuda sekaligus Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Universitas Galuh (Unigal) Dr. Ida Farida SH.,MH dalam press release yang disampaikan pada awak media melalui sambungan Whats App, Kamis (18/06/2020).

Dr Ida menegaskan berawal kegiatan wisuda akan dilaksanakan pada tanggal 16 April 2020 dan begeser menjadi tanggal 18 Juni 2020.

Lebih jauh Dr Ida menerangkan Universitas Galuh Ciamis yang terdiri dari berbagai Fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Universitas Galuh kepada bangsa dan negara Indonesia, khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing di era global saat ini.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, saya mengucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati telah berhasil dengan baik menyelesaikan studi di Universitas Galuh. Keberhasilan wisudawan dan wisudawati adalah bukti kerja keras wisudawandan wisudawati. Saya yakin, dalam proses penyelesaian studi, wisudawan/wisudawati banyak mengalami tantangan dan rintangan,” ungkapnya.

“Untuk itu, saya menyampaikan rasa bangga atas prestasi dan kegigihan saudara melewati segala rintangan yang menghadang selama menempuh pendidikan. Kepada orang tua, orang tua asuh, penyedia beasiswa dan keluarga wisudawan, saya turut bersyukur, berbahagia, dan sekali lagi megucapkan selamat atas keberhasilan mereka,” pungkasnya.

Rektor Universitas Galuh, Dr. H. Yat Rospia Brata, M.Si

Sementara Rektor Universitas Galuh, Dr. H. Yat Rospia Brata, M.Si, berharap pada wisuda daring kali ini mampu, “Menghasilkan lulusan yang unggul dan berkarakter merupakan sebuah kesadaran mutlak mengingat pendidikan tidak hanya sebatas pada transfer of knowledge saja, tetapi lebih jauh dari pengertian itu utamanya mengubah atau membentuk karakter dan watak seseorang agar menjadi lebih baik, lebih sopan dalam tataran etika, estetika atau perilaku dalam kehidupan sehari-hari,”terangnya.

Dr Yat mengatakan, Bung Karno berkata bahwa karakter merupakan pendukung utama dalam pembangunan bangsa yang sering disebut dengan national and character building.

Hal serupa di ungkapkan Soedarsono (2009) bahwa pembangunan bangsa haruslah didahului dengan pembangunan karakter karena dengan pembangunan karakter akan menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar, maju, jaya, dan bermartabat.

Para pendiri bangsa (founding fathers) Indonesia bersepakat  bahwa membangun jati diri atau membangun karakter bangsa harus dilaksanakan secara berkesinambungan.

Sebagai Rektor Univeritas Galuh dirinya mempunyai cita cita bahwa Implementasi pendidikan karakter di perguruan tinggi, tidak bisa dilepaskan dari kerangka umum dalam masyarakat akademik perguruan tinggi itu sendiri, yaitu unsur dosen dan mahasiswa.

“Mereka ada dalam lingkungan akademik yang didukung para tenaga kependidikan, infrastruktur pendukung dan program-program. Kedua unsur tersebut harus memiliki orientasi ke arah perkembangan budaya akademik. Secara praktis mereka akan diikat dalam etika akademik yang tumbuh dari nilai-nilai luhur dan berujung pada terbentuknya budaya akademik,” tegasnya.

“Di dalam pelaksanaannya, inti kegiatan di perguruan tinggi adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga semua kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat  dilaksanakan dengan berkarakter. Jika hal ini terwujud, maka akan terbangun pembiasaan kehidupan keseharian di kampus yang menjadi budaya akademik kampus,” jelasnya.

Universitas Galuh sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi dengan orientasi pada culture and conservacy, keseluruhan nafas dan pengembangan akademik kampus diarahkan pada penanaman dan implementasi pendidikan karakter sebagai tujuan pembangunan pendidikan nasional. Realisasi dari hal tersebut dapat di lihat dari pelaksaan Tri Dharma di lingkungan kampus.

Pertama adalah bahwa kurikulum di semua program studi diarahkan pada penguatan budaya dan konservasi, sehingga pada implementasinya dalam pembelajaran diharapkan terwujud way of thinking attitude, dan habitly yang mempesonifikasikan (mencerminkan dan menunjukkan) nilai-nilai karakter ke Indonesia an.

Kedua adalah dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Program-program penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen harus merujuk pada Rencana Induk Penelitian (RIP) yang di dalamnya telah dengan tegas dinyatakan merujuk pada pengembangan dan penemuan model.

Ketiga adalah dalam kegiatan kemahasiswaan, implementasi nilai-nilai karakter dengan tegas dan nyata dilakukan melalui serangkaian program kemahasiswaan, khususnya yang bersentuhan dengan pembentukan mentalitas sosial dan ekonomi mahasiswa, sehingga diharapkan akan lahir lulusan yang kompeten dan berkarakter budaya ke Indonesia an.

“Keempat adalah dalam kebijakan dan iklim akademik, yang dituangkan dalam buku pedoman akademik dan kebijakan akademik. Dalam buku pedoman akademik serta kebijakan akademik tegas diatur tentang budaya antiplagiasi dan  pengembangan aktivitas pembelajaran yang berbudaya akademik tinggi,” paparnya.

Dr.Yat menyatakan, “bahwa sebagai wisudawan/wisudawatI semua adalah komponen civitas akademika yang sudah melampaui satu tahapan dalam pembentukan SDM unggul, untuk itu saya ucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan, saya selalu berdoa untuk saudara semua dapat sukses mengarungi tahapan-tahapan pembentukan SDM berikutnya baik pada jenjang pendidikan lanjutan maupun di lapangan kerja, karena saya yakin, prestasi saudara selama belajar di Universitas Galuh belum sepenuhnya mewujudkan seluruh potensi unggulan dalam diri saudara masing-masing,” ujarnya.

“Karena itu, saudara akan terus berkembang mewujudkan segala potensi ini dan menjadi SDM Unggul, dalam rangka mewujudkan Generasi Emas 2045,” terangnya.

Kegemilangan saudara dalam mewujudkan potensi unggulan dalam diri saudara hari ini tentunya tak lepas dari peran komponen civitas akademik lainnya. Para Dosen, para tenaga kependidikan yang membantu proses administrasi, dan juga seluruh sistem pendukung di Universitas Galuh. Untuk itu, mari kita ucapkan terima kasih kepada mereka semua.

“Kemudian, tak lupa juga saya mengingatkan bahwa tugas kita para pemimpin, dosen, tenaga kependidikan Universitas Galuh tidak selesai dengan setiap wisudawan yang kita lepaskan, karena kita masih harus mendidik mahasiswa lainnya,” imbuhnya.

Dr.Yat menambahkan Dengan tanpa mengurangi keabsahan dan kehidmatan wisuda, tata upacara perhelatan wisuda lulusan Universitas Galuh, harus dilaksanakan dengan telekonferensi atau via aplikasi meeting zoom, meskipun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah Tentunya bapak-bapak dan ibu-ibu adalah orang-orang  yang paling bersyukur dan bahagia saat ini, karena salah satu doanya terkabul, yaitu menyaksikan putra dan putrinya diwisuda. Atas nama keluarga besar Universitas Galuh, mengucapkan selamat kepada bapak-ibu orang tua-wali atas selesainya pendidikan putera/puteri, suami/isteri di Universitas Galuh. Kami doakan semoga para wisudawan seluruhnya  sukses dalam memanfaatkan ilmu yang telah di dapat selama mengikuti pendidikan di kampus.

Krisis Pandemi COVID-19 nampaknya belum menunjukan tanda-tanda akan berakhir dalam waktu dekat. Oleh karena itu sebagai Rektor Universitas Galuh mengajak wisudawan untuk segera mampu berbuat untuk mesyarakat luas sehingga ilmu yang telah di dapat mampu bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.

Sebenarnya ada hikmah yang dapat kita petik dari akibat pandemi Covid-19, pertama, kesehatan dan kebersihan ternyata merupakan yang sangat berharga, karena bisa melindunginya dari berbagai penyakit, termasuk Covid-19. Kedua, banyak orang semakin tekun beribadah mengingat Allah SWT, introsfeksi diri, istirahat cukup, memiliki waktu yang panjang berkumpul dengan keluarga, hingga bumi akhirnya punya waktu untuk istirahat dari berbagai paparan udara, jalanan yang lengang, dan masih banyak lagi perubahan drastis yang terjadi di bumi ini, ketiga dunia pendidikan menjadi akrab dengan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran dan kegiatan non akademis lainnya.

Cara-cara baru mengelola perguruan tinggi harus ditempuh, termasuk yang dilakukan Universitas Galuh saat ini, dosen dituntut harus menguasai komunikasi online untuk mendukung perkuliahan dan ujian-ujian, juga harus piawai memainkan zoom cloud meeting, whatsApp group, google Clasroom, dan lain-lain.

Dr.Yat mengatakan Wisuda pada kali ini diikuti oleh 508 wisudawan/wisudawati Program Strata Satu (S-1). Dari wisudawan/wisudawati sebanyak 27 wisudawan atau 18,81 % di antaranya memperoleh predikat cumlaude.

Dr. Yat menyampaikan sejumlah perkembangan yang terjadi di Universitas Galuh diantaranya pada Tahun 2019 berada dalam Claster Utama pada Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Tim Monsoon FE, Juara 3 Liga Monsoon Tingkat Nasional Tahun 2020  dan mewakili Indonesia dalam Friendly  Match Monsoon Virtual antar Negara  yang meliputi Hongkong, Malaysia Dan Thailand.

Heri Siswato, Program Studi Manajemen Fak Ekonomi mengikuti kegiatan Summer Camp di Burapha University Thailand.

Yoksan Rizky Lesmana, Program Studi Bahasa Inggris FKIP Universitas Galuh dan Riana Naziba Zahra, Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi sebagai peserta Transfer Kredit di Huachiew Chalermprakiet University of Thailand, Helen Magdalena dan Sopie Vebrianti, Mahasiswa Program Studi Keperawatan FIKES  mengikuti kegiatan Transfer Kredit di Universiti Tun Hussein Onn Malaysia.

Indra Tesi Kharisma Heryanto, dan Aulia Ichwani Bahtiar, Program Studi Bahasa Inggris FKIP, mengikuti Joint Curiculum di Huachiew Chalermprakiet University of Thailand

Melaksanakan Joint Summer Program bersama dengan Mahasiswa Indonesia, Thailand, Malaysia dan Taiwan melalui pembiayaan berupa Hibah Kemenristek Penguatan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional (PKKUI), Selain telah terjalin kerjasama dengan 17 perguruan tinggi terkemukakan di Asia dan Eropa.

Mengadakan MoA dengan Universiti Tun Husein Malaysia (UTHM) Johor Malaysia The International Workshop on stem issues and Its Trend In Publication pada tanggal 13 Maret 2019.

Mendapat Beasiswa dari BUMN yaitu BRI 15 Mahasiswa dan BNI 50 orang Mahasiswa   IPK > 3,5 dengan Nilai Beasiswa Rp 1.000.000/bulan.

Universitas Galuh menjadi Tuan Rumah kegiatan ASEAN Comparative Educational Research-Network (ACER-N) dan  ASEAN RECTOR CONFERENCE 2019

Kinerja penelitian dan pengabdian dosen Unigal juga menunjukkan peningkatan signifikan, dimana tenaga akademik kami mampu berkompetisi dengan dosen dari perguruan tinggi lain. Hal ini ditunjukan pada tahun 2019 ini di raihan hibah dari kemenristekdikti mencapai nilai total mendekati angka 1 Milyar.

Srd-i Dr. Ida Farida, SH.,MH. selama 2 Tahun berturut turut menerima hibah lebih dari 300 juta rupiah dari Kemenristek dalam pelaksanaan  pengabdian pada masyarakat melalui inovasi pemanfaatan mesin pengolah sampah penghasil biket, air asam cuka, ter, minyak bakar.

Kerjasama dengan Lembaga pemerintahan daerah seperti Bappeda Ciamis pada tahun 2019 dengan total nilai sekitar Rp.400 juta.

Capaian itu tentu tidak mudah untuk diraih selain sebagai bukti bahwa Universitas Galuh memiliki reputasi yang baik dan terus berupaya meningkatkan diri menjadi lebih baik lagi. Selain itu prestasi membanggakan juga berhasil ditorehkan oleh UKM Menwa antarai lain sebagai Juara 1 Futsal Puteri, dan Juara 1 Renang Militer Puteri Tingkat Nasional.

UKM Pencaksilat  Juara I dengan medali emas Pencak silat terbuka Tingkat Internasional atas nama  Dean Mukharom Sandra (Teknik Sipil ), Reky (FH0 dan Esa (FKIP), keduanya meraih masing-masing 1 medali perak pada kejuaraan Pencaksilat Tingkat Nasional.

UKM Karate juga memperoleh 1 Medali Perak dan 2 Medali Perunggu Tingkat Nasional. UKM Karate mendapat 2 Medali Emas dan 1 Medali Perak pada Kejuaraaan Tingkat Nasional. UKM Gamapala, menjadi peserta terbaik II Tingkat Nasional tentang Tata Kelola Organisasi.

Ia berpesan, bahwa Saudara kini telah menjadi lulusan dari Universitas Galuh, dan jadilah bagian dari masyarakat dengan menjadi pelopor dan motor penggerak kemajuan bangsa. Tantangan terberat saudara adalah kemampuan untuk berada paling depan dalam perubahan era Revolusi Industri 4.0, dimana sektor ekonomi dan tenaga kerja tidak hanya tergantung kepada jumlah tenaga manusia tetapi lebih menekankan kepada pola digital ecomony,artificial inteligence, big data, teknik robotik dan teknologi milenial lainnya yang lebih dikenal sebagai fenomena disruptive innovation.

“Tantangan tersebut tentu saja menuntut saudara untuk selalu mengikuti perubahan-perubahan. Bahkan yang paling hebat dan kami harapkan adalah saudara menjadi agen dari perubahan itu sendiri. Terakhir sebagai Rektor mengucapkan selamat jalan, semoga segala cita-cita Saudara berikutnya dapat segera tercapai,” pungkasnya. (Muhamad Rifa’i)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here