Beranda Daerah Upaya Turunkan Angka Stunting, PKK Purwakarta Distribusikan 2.500 Paket Makanan Bergizi

Upaya Turunkan Angka Stunting, PKK Purwakarta Distribusikan 2.500 Paket Makanan Bergizi

21
0
RSUD Tobelo

Purwakarta, Jabar

Pemkab Purwakarta mendapatkan bantuan sebanyak 2.500 paket makanan bergizi dari Tim Penggerak PKK Pusat. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Ketua TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian pada momentum peringatan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional yang digelar secara virtual, Kamis (8/7/2021).

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang didampingi Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purwakarta, Jamilah Iyus Permana berkesempatan menerima langsung bantuan tersebut secara simbolis. Menurutnya, hal ini merupakan bagian dari upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Purwakarta.

“Nantinya, bantuan makanan ini akan diprioritaskan bagi para ibu hamil, keluarga yang memiliki balita dan masyarakat penyandang disabilitas, hingga lansia di 17 kecamatan di Purwakarta. Bantuan ini sangat membantu kami, khususnya masyarakat di Kabupaten Purwakarta,” kata Anne.

Atas nama Pemkab Purwakarta, Bupati Anne juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, sekaligus memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas seluruh program dan kegiatan yang dilaksanakan, baik itu oleh TP PKK Pusat dan TP PKK Kabupaten Purwakarta.

Dalam kegiatan dengan tema ‘Tim Penggerak PKK Peduli terhadap Penurunan Angka Stunting Melalui Bantuan Makanan Bergizi’, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Purwakarta, Jamilah Iyus Permana juga menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Umum Tim Penggerak PKK yang telah memberikan paket sembako makanan bergizi sebanyak 2.500 paket, yang telah disalurkan kepada ibu-ibu yang mempunyai balita, ibu hamil, lansia, dan disabilitas.
Menurutnya, bantuan paket makanan sembako bergizi telah disebar di 17 Kecamatan Kabupaten Purwakarta. Tim Penggerak PKK dalam pendistribusian bantuan ini telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Kecamatan, dan Desa yang ada di Kabupaten Purwakarta.

“Tim Penggerak PKK Kabupaten Purwakarta dalam menyalurkan 1.500 paket sembako makanan begizi menfokuskan pada 7 kecamatan dan 30 desa dengan fokus tujuan lokasi terjadinya stunting, dengan jumlah penerima setiap desa 50 orang, dan 100 paket makan bergizi diberikan kepada 10 kecamatan lainnya yang berada di kabupaten Purwakarta, dengan jumlah penerima setiap kecamatan sebanyak 100 paket makanan bergizi,” kata Jamilah.

Sementara, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Tri Tito Karnavian menyampaikan, bahwa kegiatan ini mempunyai tema tim penggerak PKK peduli terhadap penurunan angka stunting melalui makanan bergizi kepada ibu-ibu yang mempunyai balita, ibu hamil, lansia, dan disabilitas.

Menurutnya, kegiataan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional Tahun 2021 itu ini tetap berpedoman dengan kondisi saat ini yang sedang berjuang melawan pandemi Covid-19.

“Sebagaimana pedoman pemerintah bahwa bantuan yang diharapkan kepada masyarakat adalah bantuan langsung yaitu sembako bahan makanan, karena kita semua tahu pada saat ini masyarakat harus mengikuti PPKM Mikro dan sekarang PPKM Darurat untuk Jawa -Bali, diharapkan disituasti seperti ini Tim PKK turun langsung dengan mengerahkan segala daya upaya untuk bisa mengulurkan tangan kepada masyarakat-masyarakat yang membutuhkan,” ujar Tri Tito Karnavian.

Kata dia, dengan diadakannya kegiatan pemberian bantuan makanan bergizi di Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Pandeglang ini, diharapkan menjadi contoh untuk semua Tim Penggerak PKK di seluruh Indonesia untuk bisa saling mengulurkan tangan membantu masyarakat yang membutuhkan.

Dalam giat tersebut juga nampak hadir Plt. Asda 1, Hariman Budi Anggoro, ST., MT., Kepala PPKB, Yayat Hidayat, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Deni Darmawan dan Kepala DPMD Purwakarta, Jaya Pranolo. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here