Beranda Daerah Viral Video Mobil Seret Seorang Wanita, Ini Sosok Sang Pengemudi

Viral Video Mobil Seret Seorang Wanita, Ini Sosok Sang Pengemudi

150
0

Tomohon, Sulut

Dalam dua hari ini viral video perempuan mengadang mobil suami yang membawa seorang cewek. Kejadian tersebut terjadi di Kelurahan Tumatangtang, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Mobil tersebut dikendarai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, James Arthur Kojongian, yang populer dengan sebutan JAK.
Perempuan yang mengadang mobil tersebut tak lain istri JAK, dr. Michaela Elsiana Paruntu.

Ada beberapa video yang beredar di media sosial Facebook dan WhatsApp grup.

Di video pertama terlihat seorang wanita mengadang mobil hingga terseret beberapa meter. Setelah menyeret perempuan beberapa meter, mobil pun berhenti.

“Turun ngana (turun kamu), turun,” teriak perempuan yang mengadang sambil mobil tetap berjalan menyeretnya.

Kejadian ini membuat pengendara lain mendekati mobil.

“Turun ngana (turun kamu), kasihan dia. Ini manusia,” teriak warga meminta pengemudi mobil itu untuk turun.

Perempuan itu kembali meminta orang yang berada di dalam mobil untuk turun.

“Nyanda (tidak), ini perempuan turun dari oto (mobil). Kita pe laki (suami saya) dengan dia pe hugel (selingkuhannya) di dalam. Kita nda mo turun James,” teriak perempuan itu.

Alan Matindas warga setempat mengakui melihat langsung kejadian tersebut.

“Waktu itu saya main handpone, tiba-tiba terdengar ada perempuan teriak minta tolong. Seketika saya lihat ada motor yang mengadang mobil itu,” kata Pemuda Asal Tumatangtang 1 ini.

“Perempuan itu, meminta untuk turun. Tapi mobil itu akan berjalan dan perempuan itu naik di wiper mobil. Namun mobil itu tetap berjalan dan perempuan itu diseret,” paparnya.

“Tapi untungnya karena sudah banyak warga yang teriak dan melempar mobil tersebut, sehingga mobil itu berhenti di depan Gereja St Joseph,” ungkap Allan.

Saat berhenti, terdengar perempuan itu berteriak agar yang di dalam mobil turun.
Namun mobil tersebut tetap berusaha melarikan diri.

“Untungnya warga langsung memblokade jalan dengan menaruh pot bunga di mobil tersebut. Kemudian perempuan itu bersuara agar mereka turun,” ujarnya seraya mengakui terdengar ada disebutkan nama Angel.

Meski demikian, saat melihat hal tersebut, Allan tak mengetahui siapa perempuan tersebut.

“Memang tidak kenal siapa itu, saya kira hanya masalah rumah tangga biasa. Tapi saat lihat postingan-postingan di FB baru tahu siapa itu,” ungkapnya lagi.

Allan juga mengungkapkan, sebelumnya mobil tersebut dari arah Kawangkoan menuju Manado, namun sempat berbelok ke dalam lorong.

“Mereka belok kiri di perempatan sebelum gereja. Tapi situ kan jalan buntu. Tiba-tiba datang perempuan tersebut turun dari sebuah mobil,” tukas Allan.

Sang kakak Michaela Elsiana Paruntu, Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu Bupati Minahasa Selatan dua periode mendukung karier sang adik ipar JAK hingga melenggang ke kursi Wakil Ketua DPRD Sulut. Maklum kakak ipar Michaela Paruntu adalah Ketua DPRD Golkar Sulut.

Melansir tribun manado, karir JAK moncer di dunia politik, bahkan sudah 3 kali menduduki kursi legislatif.

JAK mengawali karir sebagai Anggota DPRD Minahasa. Ia maju pertama kali tahun 2009 dari Dapil I Minahasa (Pineleng, Tombulu) lewat Partai Golkar. Periode pertama ini dilalui dengan mulus hingga tahun 2014.

Tahun 2014-2019 JAK kembali maju di DPRD Minahasa, di mana dia mengukir prestasi legislator peraih suara terbanyak dengan perolehan sekitar 4.500 suara.

Meski demikian, JAK harus puas menjabat di posisi Ketua Komisi I DPRD Minahasa. Sementara posisi prestise Wakil Ketua DPRD dari Partai Golkar masih milik Careigh Naichel Runtu. Maklum saja, ketika itu Partai Golkar masih dikuasai faksi Runtu, dipimpin Stevanus Vreeke Runtu menjabat Ketua DPD I Golkar Sulut.

Arah angin politik mulai berubah, membawa berkah bagi karir politik JAK, manakala iparnya Christiany Eugenia Paruntu (CEP) berhasil menduduki jabatan tertinggi Partai Golkar di Sulut.

Tahun 2017, CEP terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD I Golkar Sulut.
Karir JAK pun ikut terkerek. Ia didapuk menjadi Bendahara DPD I Partai Golkar Sulut.

Di Pileg 2019, awal baru karir JAK di DPRD.

Sebelumnya Anggota DPRD Minahasa, ia naik kelas bertarung di DPRD Provinsi Sulut.
JAK menuju Gedung Cengkih, bertarung di dapil V Minsel-Mitra.

Seperti prediksi awal, ditopang iparnya CEP sebagai Bupati Minsel, langkah JAK mulus menjadi Anggota DPRD Sulut. Ia meraup sekitar 34.000 suara, terbanyak kedua di dapil tersebut.

Di persaingan meraih poisisi Wakil Ketua DPRD Sulut Partai Golkar, JAK otomatis tanpa lawan.

Ia menyingkirkan sejumlah kader senior Partai Golkar untuk duduk di kursi pimpinan dewan, semisal Winsulangi Salindeho, Inggried Sondakh dan Rasky Mokodompit. Sampai sekarang jabatan Wakil Ketua DPRD Sulut masih diemban JAK.

Di awal rezim CEP memimpin Golkar Sulut, JAK juga merangkap sejumlah posisi strategis.
Selain menjabat Bendahara DPD I Partai Golkar, JAK juga dipercaya memegang tampuk pimpinan Ketua Harian DPD II Partai Golkar Minsel. Bahkan, ketika Rezim CEP berlanjut memimpin Partai Golkar Sulut tahun 2020 ini, setelah kembali terpilih aklamasi sebagai Ketua, JAK juga mendapat posisi prestise. Ia menjabat Ketua Harian DPD I Partai Golkar Sulut.
Di tahun yang sama, JAK juga dipercaya memimpin organisasi sayap Partai Golkar sebagai Ketua AMPI Sulut.

Sang istri, Michaela Elsiana Paruntu baru-baru ini mengikuti Pilkada di Kabupaten Minahasa Selatan, namun kalah.

Micha anak pasangan Prof. Dr. Ir. Jopie Paruntu (alm), mantan rektor Universitas Samratulangi Manado dan sang ibu Jenny Johana Tumbuan SE, yang saat ini menjabat Ketua DPRD Minahasa Selatan.

Micha, demikian ia sering disapa, adalah seorang dokter sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran Unsrat Manado. Ia lahir di Nottingham 1 Oktober 1982.

Micha aktif kegiatan keagamaan kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti Palang Merah Indonesia (PMI) Minahasa Selatan, Pramuka Minahasa Selatan, serta Toar Lumimuut Minsel.

Micha Paruntu juga mengabdikan dirinya dalam kegiatan sosial kemasyarakatan seperti saat ini dipercayakan sebagai Ketua PMI Kabupaten Minsel juga Ketua Toar Lumimuut Minahasa Selatan. Sebagai aktivis yang sangat sibuk, Micha mengaku tetap membagi waktu antara aktivitas pelayanan, pekerjaan, dan keluarga.

Micha sendiri tak punya tips khusus untuk menjaga tubuh tetap bugar. Hanya makan makanan sehat dan olahraga.Micha tak bisa untuk tak olahraga.

“Saya rutin nge-gym. Saya tak minum vitamin apa-apa. Yang penting makan sehat, olahraga.
Pokoknya hidup sehat saja,” ucapnya.

Begitu pula dengan kecantikan. Micha tak merawat diri secara khusus.
“Yang penting rajin cuci muka,” ucapnya.

Setelah video aksi adiknya viral, sang kakak, Tetty Paruntu mengungkap dukungan terbuka pada adiknya.

Politisi yang baru saja kalah dalam Pilkada Sulut melawan petahana Gubernur Olly Dondokambey, mengunggah foto dan menuliskan dukungan untuk Michaela Paruntu di akun facebooknya, Senin 25 Januari.

Tetty Paruntu mengunggah foto saat Michaela Paruntu menjadi Noni Sulut tahun 2002 dan menuliskan caption,”You are smart, clever and beautiful MEP. Noni Sulut 2002. Proud of you. Stay strong and be faithful”.

Unggahan Bupati Minahasa Selatan ini mendapat banyak respon dari netizen.
Netizen memberikan dukungan kepada Michaela Paruntu.

Polisi Tunggu Laporan

Kapolres Tomohon, AKBP Bambang A Gatot mengatakan, video tersebut terjadi pada Sabtu (23/1/2021).

“Video yang beredar itu diduga (wakil ketua DPRD), dan kejadiannya di Kelurahan Tumatangtang sudah larut malam,” pungkas Bambang.

“Tapi kita belum tahu persis kejadian tersebut, karena memang belum ada laporannya ke kita,” kata Bambang saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Bambang mengatakan, pihaknya akan mendalami kasus itu jika sudah ada yang melapor ke pihak kepolisian.

“Di dalam itu (mobil) siapa dan sama siapa, itu yang akan kita dalami. Cuma masalahnya belum ada juga laporan ke kami,” ungkapnya.

Politisi Partai Golkar yang Jabat Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut, James Arthur Kojongian dan Michaela Elsiana Paruntu.

Terkait perempuan yang diseret mobil masuk pidana murni, kata Bambang, masih akan dalami.

“Itu kami masih mau dalami. Apakah dia mengadang orang mau jalan atau sengaja memang mau diseret, kita belum tahu,” katanya.

James Enggan Komentar, Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulut Kaji Kasus.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sulut, James Arthur Kojongian, memilih menghindar saat wartawan mengonfirmasi video viral tersebut di kantor DPRD Sulut.

“Nintau sapa itu (tidak tahu siapa itu). Bukan toranglah (kami) lah,” katanya.

“Kenapa kalian (wartawan) sudah banyak sekali,” kata James sambil berlalu meninggalkan wartawan dan menuju ruang kerjannya.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulut, Sandra Rondonuwu mengatakan, pihaknya akan mengkaji kasus tersebut dalam waktu dekat.

“BK adalah lembaga yang menangani tetang persoalan etika dan moral anggota DPRD, Bukan lembaga hukum. Tugas kami, akan melihat dan mengkaji hal-hal yang dilakukan anggota DPRD,” ujarnya.

“Kami sudah bicarakan bagaimana penanganannya, apa-apa saja yang melanggar,” ungkap Sandra.

Partai Golkar siap beri sanksi.

Golkar Sulawesi Utara (Sulut) menjadi buah bibir masyarakat nyiur melambai.
James Arthur Kojongian, selain menjadi pengurus harian Partai Golkar Sulut, dia juga memegang jabatan strategis di DPRD Sulut.

Bagaimanapun juga, dugaan kasus tersebut kemudian menarik partai berlambang pohon beringin masuk ke dalam pusaran masalah.
Partai ini ikut terseret-seret, kelakuan oknum kadernya yang ‘off-side’.

Apa tanggapan Jubir Golkar Sulut, Feryando Lamaluta.

Dilansir www.tribunmanado.co.id, Senin (25/1/2020), Yoyo sapaannya kaget juga ketika pagi-pagi baru bangun dan akan beraktivitas kemudian mendapat kabar seperti itu.

“Namun kami tetap akan mengklarifikasi kepada yang bersangkutan,” tegasnya.

“Jika benar, tentunya ada sanksi sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai,” kata dia. Tapi, itu juga akan dibandingkan dengan beberapa parameter Partai Golkar, seperti loyalitas, tingkat prestasi, pengabdian dan hal lainnya.

“Bagaimanapun juga ini sudah menjadi konsumsi publik. Pada akhirnya nama partai yang terbawa-bawa,” kata dia. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here