Beranda Daerah Wabup Jon Pandu Bersama Ketua GOW Hadiri Acara Alek Bakaua Di Nagari...

Wabup Jon Pandu Bersama Ketua GOW Hadiri Acara Alek Bakaua Di Nagari Garabak Data

34
0

Solok, Sumbar

Jon F. Pandu bersama Ny. Jon F. Pandu selaku Ketua GOW Kab. Solok, menghadiri acara adat di Nagari Garabak Data, yaitu acara Alek Bakaua, di lapangan Medan Nan Bapaneh, Jorong II Data, Nagari Garabak Data, Kec. Tigo Lurah, Senin (23/8/2021).

Acara adat Nagari Garabak Data juga dihadiri Ketua GOW Kab. Solok, Ny. Nia Jon Firman Pandu, Dinas PUPR, Camat diwakili Sekcam Tigo Lurah, Jon Adrizon, S.Pd., Wali Nagari Pardinal, S.Pd.I., Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan tokoh masyarakat serta pemuda Nagari Garabak Data

Tampak Wabup Jon F. Pandu sebelum melaksanakan kegiatan, terlebih dahulu memberikan masker secara simbolis kepada salah seorang tokoh masyarakat, agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.
Acara dimulai dengan laporan ketua panitia pelaksana Mentrial. Panitia dan masyarakat Nagari Garabak Data mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati yang telah bersedia hadir pada acara tersebut, dan kepada masyarakat beserta pemuda dalam rangka mensukseskan acara Alek Nagari ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan persatuan dan kesatuan, dengan adanya acara Alek Nagari ini berharap persatuan masyarakat semakin tinggi. Masyarakat kepada Wakil Bupati Solok, untuk memperhatikan daerah Garabak Data, yaitu akses jalan menuju Garabak Data ini, agar lebih diprioritaskan pembangunannya.

Jon Edrizon Dt. Rajo Itan selaku tokoh masyarakat juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wabup bersama rombongan, karena telah hadir ke Nagari Garabak Data, walaupun akses kesini sangat ekstrim dan berlumpur. “Ini sebuah penghargaan besar buat masyarakat Garabak Data, khususnya Kec. Tigo Lurah pada umumnya,” ujarnya

Nagari Garabak Data ini sudah banyak mendapat kan janji-janji, tentu kami berharap kepada pemerintahan Kab. Solok melalui anak muda Jon Firman Pandu, Wakil Bupati Solok, semoga selama masa jabatan dapat memperbaiki akses jalan ke Garabak Data,” tutur Rj. Intan.

Wali Nagari Garabak Data, Pardinal, juga senada dengan tokoh masyarakat, mengucapkankan terimakasih kepada Wakil Bupati beserta Ibu dan rombongan, sudah 2 kali ke Garabak Data, semoga tetap terus ke Nagari ini.
Dapat digambarkan sekilas, Nagari Garabak Data terdiri dari 3 jorong, yaitu Jorong Data, Jorong Garabak, dan Jorong Lubuak Tareh. “Kami berharap, bapak Wakil Bupati dapat menyuarakan bagaimana akses ke Garabak Data, dan kalau dapat diprioritaskan oleh pemerintah Kab. Solok, karena kami sudah lama pingin lepas dari nagari terisolir,” terang Wali.

Wakil Bupati Solok, Jon Firman Pandu, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Nagari Garabak Data saat ini merasa tidak diacuhkan oleh pemerintah daerah maupun provinsi, karena sudah banyak aspirasi yang sudah disampaikan oleh tokoh-tokoh Nagari Garabak Data, Kec. Tigo Lurah, bagaimana Nagari Garabak Data terbebas dari nagari terisolir.

“Insya Allah, pemerintah daerah Kab. Solok hadir untuk Nagari Garabak Data, nantinya akan diprioritaskan pembangunan daerah yang terpinggirkan. 8 bulan lalu kami hadir di nagari ini, dan alhamdulilah kami hadir sekarang untuk menjemput dan mendengar aspirasi masyarakat, nanti sepulang dari Garabak Data akan kami sampaikan kepada Bupati untuk memprioritaskan pembangunan Kabupaten Solok di Nagari Garabak Data,” beber Wabup.

“Bupati dan Wakil Bupati akan hadir untuk masyarakat, agar masyarakat Nagari Garabak Data terbebas dari daerah terisolir, berpesan kepada pemuda Nagari Garabak Data untuk terus bangkit dan bergerak bersama membenahi ekonomi kita,” terang Wabup.

Ketua GOW, Ny. Jon Firman Pandu, juga menyerahkan 4 buah speaker wireless untuk Nagari Garabak Data, 2 di Jorong Data dan 2 di Jorong Garabak.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara Bakaluang, yaitu masyarakat akan memberikan kalung dan akan diarak di sekeliling lapangan disertai musik, setelah bararak orang yang dipakaikan kalung memberikan sumbangan yang nantinya untuk pembangunan. (Ossie Gumanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here