Wawancara Eksklusif Kabid Humas Polda Kepri di BTV Dalam Kesiapan PAM Pemilu 2024

0
5

Kabid Humas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., penuhi undangan dari redaksi BTV dalam rangka melakukan wawancara bersama Manager BTV Ibu Sylvanni yang dibawa oleh Putri Amini selaku Presenter BTV yang bertempat di kantor BTV, Batam, Kamis (7/12/2023).

Batam, Kepri // Dalam kesempatan tersebut Kabid humas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menyampaikan bahwa dalam menghadapi Pemilu serentak yang tinggal menghitung bulan, Polri telah mengimplementasikan sejumlah rencana pengamanan strategi untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses demokrasi. Persiapan strategis melibatkan peningkatan pengamanan di titik-titik Obyek Vital, Analisis risiko, pelibatan personel dalam pelatihan khusus – Sispamkota, dan kerjasama erat dengan TNI serta para pemangku Kepentingan lainnya bersama penyelenggara Pemilu. Peningkatan keamanan di tempat/lokasi pemungutan suara (TPS) dan pusat penghitungan suara, menjadi fokus utama, dengan pendekatan lintas-sektoral dan partisipasi masyarakat sebagai kunci menjaga integritas dan kelancaran Pemilu.
“Polri juga telah membentuk operasi khusus (OPS) seperti Ops Mantap Brata, Satgas Anti Money Politics, dan Satgas Nusantara untuk mengatasi potensi gangguan jangan sampai menjadi ambang gangguan apalagi ancaman gangguan nyata. Polda Kepri dan Polres Jajaran juga memastikan sarana dan prasarana yang cukup memadai serta melibatkan sebanyak 8.136 personel dalam pengamanan Pemilu di wilayah Provinsi Kepri,” ucapnya.

“Adapun ancaman yang mungkin terjadi, seperti politik uang, disinformasi dan pelanggaran keamanan siber, ditanggulangi dengan pendekatan holistik. Peningkatan keamanan di lokasi kunci, kampanye pendidikan pemilih, pemantauan media sosial, dan penegakan hukum tegas terhadap pelanggaran Pemilu menjadi langkah-langkah strategis,” tuturnya.

Kabid humas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menegaskan, Polri juga menjaga netralitas anggotanya sesuai undang-undang dan melakukan koordinasi erat dengan para Penyelenggara Pemilu KPU & Bawaslu serta instansi terkait lainnya. Dengan pendekatan proaktif, Polri berupaya memastikan Pemilu berlangsung aman, damai, sejuk serta bermartabat, didukung Koordinasi yang kuat dengan semua pihak diharapkan dapat menjaga serta memelihara keamanan dan ketertiban, selama tahapan pemilu berlangsung di wilayah hukum Polda Kepulauan Riau.

“Disamping itu juga Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat cerdas dalam bermedia sosial, memeriksa keakuratan informasi sebelum menyebarkannya, dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memicu konflik. Mari menjadi bagian dari upaya menjaga keamanan pemilu dengan tidak terpengaruh oleh politik uang, intimidasi, atau disinformasi. Penting untuk bersikap bijak, mendukung proses pemilu dengan damai, serta memahami hak dan kewajiban sebagai pemilih. Bersama-sama, kita bisa menciptakan pemilu yang membawa dampak positif bagi bangsa dan negara,” tutupnya. (Ariyanto Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here