Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2023 Polres Pasaman

0
13
operasi

Operasi Zebra 2023 dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia, melibatkan personil Polri, TNI, Dishub, Pol PP dan BPBD.

Pasaman,Sumbar | Kapolres Pasaman, AKBP. Yudho Huntoro, SIK., MIK pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Singgalang 2023 di halaman Mapolres Pasaman, Selasa (05/09/2023).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati H. Benny Utama dan Forkopimda Pasaman, Kepala OPD dan PJU Polres Pasaman.

“Operasi Zebra tahun ini ditujukan untuk menekan angka kecelakaan, meningkatkan budaya tertib berlalulintas, serta terciptanya Kamtibcar lalulintas yang kondusif menuju Pemilu Damai 2024,” ujar Kapolres Pasaman.

Dalam amanatnya, Yudho Huntoro menyampaikan apel gelar pasukan dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan.

“Ops Zebra Singgalang 2023 mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis, didukung pola gakkum lantas secara elektronik, baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” jelas Kapolres Yudho.

operasi
Foto : Istimewa

Disebutkan, dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas, kita tidak bisa berdiam diri, bahkan kita wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya sinergitas antar pemangku kepentingan di pemerintahan, organisasi kemasyarakatan, juga ninik mamak dan tokoh masyarakat.

Kepada jajaran Satlantas Polres Pasaman, diinstruksikan untuk mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi, baik secara taktis, teknis maupun strategis, agar potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi dapat diminimalisir.

Sehingga tercipta kamseltibcar lantas yang mantap untuk menindak lanjuti kebijakan nawacita Presiden Republik Indonesia yang dijabarkan dengan program prioritas kapolri yang disebut Presesi, yakni Prediktif, Responsibilitas, Transparansi melaksanakan Gakkum dan Sidik lakalantas secara profesional, proporsional dan prosedural.

Ditempat yang sama, Kasat Lantas Polres Pasaman, AKP. Yuliwarman, SH menyebutkan, bahwa operasi Zebra Singgalang tahun ini tidak hanya dilaksanakan di Ibukota Kabupaten, tapi juga menyasar wilayah jajaran polsek.

“Operasi Zebra dilaksanakan selama dua pekan, mulai tanggal 4 s/d 17 September 2023, dan kami menghimbau agar masyarakat pengguna jalan untuk mematuhi aturan berlalu lintas dan melengkapi surat-surat kendaraan serta  sarana lain seperti helm dan safetybelt bagi pengguna mobil,” pesan Kasat Lantas.

“Tujuannya bagaimana lalu lintas aman, nyaman, tertib dan lancar, serta angka kecelakaan dapat ditekan seminimal mungkin,” pungkas AKP Yuliwarman. (Fauzan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here