MT. Liberty Berbendera Cameroon Kandas di Perairan Tanjung Balai Karimun

0
151

Motor Tanker (MT) Liberty berbendera Cameroon pada hari sabtu (2/12/2023) mengalami kecelakaan di perairan Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Kapal tanker dengan bobot 83.724 Ton tersebut kandas di perairan Karimun dekat Pulau Asan.

Karimun, Kepri // Plt. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Balai Karimun, Adi Afandi, S.H., M.H., melalui Kasi Penjagaan, Patroli dan Penyidikan, Kastono, S.Sos., membenarkan kejadian tersebut. Kapal tersebut bertolak dari Tanjung Pelepas Malaysia pada tanggal 28 november 2023 dengan tujuan Tanjung Balai Karimun. Setelah berlayar, pada tanggal 2 Desember 2023 jam 11.00 wib di sekitar perairan Pulau Asan pada kordinat 01°09’12” N – 103°18’36” E kapal mengalami kandas.

Setelah mendapatkan informasi kapal tersebut kandas, Plt Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Adi Affandi, S.H., M.H., dengan sigap langsung mengerahkan Kapal Patroli milik Ditjenhubla KN.P 352 dan KN. P Marine Surveyor untuk melakukan pengawasan dan pengamanan di lokasi kejadian dan memberikan peringatan kepada kapal-kapal yang melintasi perairan tersebut agar berhati-hati. Untuk proses evakuasi dan penarikan MT LIBERTY dibantu oleh 5 unit Tug Boat.

“Untuk penyebab kecelakaan kapal masih dalam proses penyidikan dan tidak ada korban jiwa ataupun pencemaran di perairan pada kejadian ini,” ujar Kastono. (Linda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here