Walikota Depok Ungkap 12 Rencana Pembangunan Kota Depok pada 2024

0
9

Walikota (Walkot) Depok, M. Idris mengungkapkan rencana pembangunan Kota Depok pada 2024. Setidaknya ada 12 rencana proyek pembangunan pada tahun 2024.

Depok, Jabar // Berdasarkan situs Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Idris mengatakan pembangunan akan dijalankan sesuai birokrasi yang sudah disesuaikan. Hal itu disampaikan saat dia membuka acara Sosialisasi Pembangunan Kota Depok Tahun 2024 secara tatap muka dan dalam jaringan (online) di Orchid Ballroom Hotel Savero, Senin (8/1).

“Misal DOS (Depok Open Space) ada berkas birokrasi tentang pemenang pelaksananya lelang, demikian juga yang lain kita sesuaikan,” kata Idris dalam keterangannya, Selasa (09/1/2024).

Dia mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok untuk 2024 terdiri atas struktur pendapatan Rp 3,85 triliun dan belanja daerah Rp 4,158 triliun. Dia mengatakan, jumlah itu naik dibanding tahun sebelumnya.

“Terdapat kenaikan struktur pendapatan dan belanja di tahun ini dibandingkan tahun kemarin,” katanya.

Sebelumnya, DPRD Kota Depok sudah menyetujui APBD tahun anggaran 2024 senilai Rp 4,2 triliun. Hal itu diumumkan dalam rapat paripurna dengan agenda persetujuan DPRD Kota Depok terhadap Raperda APBD Kota Depok tahun anggaran 2024 di gedung DPRD Kota Depok, Rabu (22/11/2023).

Idris mengatakan, ada belasan rencana pembangunan yang dijalankan Pemkot Depok sepanjang 2024. Proyek tersebut antara lain pelayanan jaminan kesehatan dengan target 98 persen cakupan kesehatan universal atau UHC serta pembangunan lanjutan alun-alun dan taman hutan kota wilayah barat.

“Perlu diketahui, kebijakan perencanaan pembangunan 2024 telah dialokasikan pagu indikatif prioritas bagi kelurahan senilai Rp 2,5 miliar, ditambah insentif RT-RW LPM kader posyandu dan posbindu,” tambahnya.

“Dana tersebut dapat digunakan untuk kegiatan pembangunan yang meliputi sarana prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, saya berharap pelaksanaan kegiatan mengacu pada juklak (petunjuk pelaksana) dan juknis (petunjuk teknis) kegiatan kelurahan tahun 2024,” tuturnya.

Adapun pembangunan Kota Depok sepanjang 2024 adalah:

1. Pelayanan jaminan kesehatan dengan target 98 persen UHC atau cakupan kesehatan universal, perlu diketahui bahwa mekanisme dan implementasi sesuai juklak dan juknis dalam SE Wali Kota dan SK Kepala Dinkes

2. Pembangunan alun-alun dan taman hutan kota wilayah barat lanjutan (pembangunan penunjang, yakni jembatan gantung penghubung Sawangan dan Bojongsari)

3. Pembangunan dan penataan lingkungan SMPN 13 Depok di Limo, SMPN 34 Depok di Beji, SMPN 32 Depok di Sukmajaya

4. Pembangunan dan penataan lingkungan Kantor Kecamatan Limo, Kelurahan Depok Jaya, Kelurahan Tapos, Kelurahan Duren Mekar, Kelurahan Beji Timur, Kelurahan Mekarsari, Kelurahan Pangkalan Jati, Kelurahan Duren Seribu, Kelurahan Curug Bojongsari, Kelurahan Kedaung, dan Kelurahan Serua

5. Pembangunan dan penataan lingkungan UPT Lapkesda

6. Pembangunan dan penataan lingkungan Masjid Jatijajar

7. Pembangunan dan penataan lingkungan rumah perlindungan sosial

8. Pembangunan dan penataan lingkungan Depok Open Space kawasan Balai Kota tahap 2

9. Rehabilitasi dan penataan lingkungan SDN Anyelir 1 dan SDN Sukatani 4

10. Pembangunan jembatan penghubung SMPN 21 Depok ke jalan raya

11. Penyelenggaraan sistem jaringan intra-pemerintah daerah dan pengelolaan pusat data pemerintahan daerah

12. Pemberdayaan usaha mikro di Kota Depok. (Matsani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here