KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun Berhasil Mengevakuasi MT Liberty yang Kandas

0
75

Kerja keras dari kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun beserta instansi terkait telah berhasil mengevakuasi MT Liberty yang kandas di perairan Pulau Asan pada tanggal 2 Desember 2023, dan hari ini, Kamis (14/12/2023) jam 10.30 Wib MT Liberty telah berhasil keluar dari posisi kandas.

Karimun, Kepri // KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun telah mengadakan beberapa kali rapat koordinasi bersama instansi terkait untuk membahas penanganan MT Liberty yang kandas dan semua upaya dan usaha telah laksanakan sesuai dengan ketentuan dan prosedur, hingga rapat final kordinasi (12/12) telah menghasilkan metode yang akan dilaksanakan dalam proses evakuasi MT Liberty.

Foto: Kasi Penjagaan Patroli dan Penyidikan Kastono, S.Sos.

Plt. Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Adi Afandi, S.H., M.H., melalui Kasi Penjagaan Patroli dan Penyidikan Kastono, S.Sos., menerangkan bahwa penanganan evakuasi kapal MT Liberty dengan memindahkan sebagian muatan MT Liberty ke MT Valente, dan untuk mencegah terjadinya pencemaran di perairan apabila terjadi tumpahan minyak dipasang oil boom sepanjang 850 meter.

“Pada hari Rabu (13/12), kapal MT Valente (GT. 41.994, berbendera Palau) bergerak untuk merapat di sisi MT Liberty. Setelah selang sudah tersambung maka dilakukan alih muatan dari MT Liberty ke MT Valente sebanyak 24.000 MT. Kegiatan evakuasi tersebut di suport oleh 6 unit Assist Tug antara lain : AHTS BNI Castor, AHTS Hailay Princess, TB. Celebes, TB. Hemingway 3200, TB. Hang Tuah VII, TB Sei Deli dan untuk pengamanan di lokasi berkoordinasi dengan Lanal (TNI-AL) Tanjung Balai Karimun, Satpolair Polres Karimun, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjung Uban. Saat ini MT Liberty sudah berlabuh di posisi yang aman (perairan Pulau Asan Karimun, kordinat 01°09’828″ N – 103°19’201″ E) untuk dilakukan salvage memastikan apakah ada kebocoran terhadap kapal,” jelas Kastono.
“Tak lupa ucapan terimakasih disampaikan kepada semua pihak yang telah turut serta berpartisipasi membantu dalam proses evakuasi MT Liberty telah berjalan lancar dan aman,” tutup Kastono selaku Kasi Penjagaan Patroli dan Penyidikan KSOP Kls I Tanjung Balai Karimun. (Linda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here