Muscab PP Sintang ke-5, Bupati Sintang Titip Pemuda Pancasila

0
66

Majelis Pengurus Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Sintang menggelar Musyawarah Cabang Pemuda Pancasila ke-5, bertempat di pendopo rumah dinas Bupati Sintang, pada hari Minggu (5/11/2023).

Sintang, Kalbar || Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno dan dihadiri juga oleh Wakil Bupati Sintang,Melkianus bersama Forkopimda maupun organisasi lainya yang ada di Kabupaten Sintang.

Turut hadir, Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Kalimantan Barat dan ketua Srikandi Pemuda Pancasila dari Kalimantan Barat. Kegiatan ini bukan hanya untuk Pemuda Pancasila yang ada di Kabupaten Sintang saja, tetapi juga tergabung dengan Pemuda Pancasila yang ada di Kabupaten Sekadau.

Kegiatan ini mengambil tema “Dengan Muscab ke-5 Pemuda Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2023, Kita Jaga dan Melestarikan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 demi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.
Bupati Sintang titip Pemuda Pancasila Sintang, besarkan, eksiskan dan jaga agar semakin maju semuanya. PP bakal semakin maju dan besar di Sintang sepanjang semua bergotong royong.

“Saya titip PP Sintang, besarkan agar eksis, abadi didalam banyak orang-orang yang militan baik Iswandi, Ghulam Raziq, Boy, Yuna dan banyak lagi yang lainya,” kata Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Bupati juga menitipkan Pemuda Pancasila Sintang kepada Kodim 1205/Sintang, Polres Sintang dan seluruh tokoh masyarakat agar dapat dirangkul dan bersinergi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Kabupaten Sintang.

Ditambahnya, karena cikal bakal PP dari TNI-Polri maka sedianya TNI-Polri dapat melihat keberadaan PP di Sintang.

“Saya yakin Pemuda Pancasila Kabupaten Sintang bakal semakin jaya, eksis dan besar berkat kerjasama yang baik dengan semua pihak,” ujar Bupati Sintang.

Wakil Bupati Sintang, Melkianus memberikan apresiasi atas kegiatan Musda MPC PP Kabupaten Sintang. Dengan giat ini, dia berharap PP menjadi mitra pemerintah, bisa membantu menjaga kedamaian di Kabupaten Sintang. Pasalnya, PP ini seluruh unsur seluruh ormas tergabung didalamnya, tanpa melihat partai politik, suku apapun agama, PP ini bisa bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Sintang dalam menjaga Kabupaten Sintang.
“Ya, memang Pemuda Pancasila ini cikal bakal yang awalnya dari purnawirawan TNI maupun Polri. Kita berharap TNI dan Polri tetap menjadi bagian daripada PP ini, membantu, bersinergi bersama untuk menjaga Kabupaten Sintang khususnya. Selamat untuk ketua selanjutnya siapapun yang terpilih, nantinya bisa mengayomi semua masyarakat Sintang yang ada dan bekerjasama dengan pemerintah daerah,” ucap Melkianus.

Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Kalimantan Barat, Abriansyah mengatakan, bahwa Muscab ke V Pemuda Pancasila ini digelar di seluruh Kalimantan Barat.

“Untuk Muscab ini kita tuntut untuk dapat menyelesaikan dibulan ini, berlaku di seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Barat, hanya saja ada keterlambatan, mengingat faktor kondisi daerah masing-masing,” ujarnya.

Diharapkan, Muscab di Kabupaten Sintang yang merupakan pemilihan ketua dan hanya calon tunggal, Iswandi yang terpilih lebih bisa eksis dan dapat kerjasama dengan semua stakeholder yang ada termasuk dengan pemerintah daerah.

“Pemuda Pancasila ini memang biologisnya dari TNI dan Polri, kita dilahirkan dari TNI dan Polri, sudah menjadi keharusan TNI dan Polri ini adalah bapak kita,” katanya.

Sementara ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sintang, Iswandi mengatakan, bahwa Muscab yang digelar ini merupakan suatu tuntutan dari AD/ART, sebab itu pihaknya mengelar Muscab, mengingat PP ini biologisnya TNI dan Polri maka kedepanya PP Sintang berharap kepada TNI maupun Polri agar dapat bersinergi dengan baik.

Selain itu dia juga berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Sintang untuk merangkul dan mengayomi PP Sintang, disamping mengayomi organisasi yang lain.

“Supaya kedepan lebih baik, kedepanya lebih bagus, kami selalu ketua MPC PP Sintang agar dapat bersinergi dengan OKP-OKP yang lain,” katanya.

Langkah kedepan yang bakal dia lakukan, seusai rapat pihaknya segera melakukan perombakan kepengurusan yang baru, dalam hal ini berharap bagi orang- orang yang mau bekerja.

“Kedepan kami bakal evaluasi terutama dari diri saya pribadi selaku ketua pengurus lebih sosial kepada masyarakat, kedua saya berharap anggota PP Sintang ini punya kartu anggota, karena PP ini ormas yang kecil meskipun semua provinsi secara nasional PP ini ada, sebab itu istilah kita ini kami tidak kemana- mana tapi ada dimana- mana, meski tidak sedarah tapi kami bersaudara, PP ini luar biasa karena yang selama ini organisasi yang saya pandang dengan kartu anggota ketika ada saudara kita yang susah mereka saling bantu, ini yang saya banggakan dari PP, bukan mengatakan yang lain tidak bagus tetapi pribadi saya sudah tertanam di PP ini meski keanggotaannya berdasar dari latar belakang yang berbeda- beda saya berharap PP Sintang lebih baik dan eksis,” imbuhnya. (Abdullah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here