Peringati Hari TNI ke-78, KNPI Aceh dan Sabang Kunjungi Pulau Rondo dan Pulau Breuh Aceh Besar

0
7
Foto: Rombongan KNPI Aceh dan Kota Sabang foto bersama Satgas Marinir dan Navigasi saat mengunjungi Pulau Rondo.

Dalam rangka memperingati hari TNI ke 78 tahun 2023 Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh dan Kota Sabang, melakukan kunjungan ke dua pulau terdepan yaitu Pulau Rondo Kota Sabang dan Pulau Breuh Kabupaten Aceh Besar.

Sabang, NAD | Kunjungan kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara KNPI Kota Sabang dengan Navigasi kelas II Sabang, dimana pihak Distrik Navigasi Sabang memberi bantuan kemudahan kapal angkut KN Antares sebagai moda pelayaran menuju ke dua pulau terluar ini.

Ketua KNPI kota Sabang, Ferdiansyah, S.Kel., kepada wartawan mengatakan, bahwa kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati hari sumpah pemuda yang bertepatan dengan hari TNI.

KNPI Kota Sabang yang didampingi langsung Ketua KNPI Aceh Aulia Rahman, memberikan apresiasi kepada petugas yang selama ini terus menjaga pulau terluar sebagai kedaulatan negara.

“Ada beberapa kegiatan yang kita lakukan di Pulau Rondo diantaranya melakukan apel bersama Satgas Marinir dan Pegawai Navigasi yang ada di Pulau Rondo, Kalibrasi arah kiblat serta pemberian bingkisan kepada petugas yang berjaga di pulau yang berbatasan dengan timur Hindia,” kata Ferdiansyah, Jumat (06/10/2023) di Sabang.

Ferdiansyah menjelaskan, kegiatan ini juga diikuti oleh Ketua KNPI Aceh, Aulia Rahman. Dalam amanatnya apel bersama Aulia Rahman menyatakan bahwa KNPI sangat mengapresiasi para petugas baik dari Marinir Agkatan Laut maupun Navigasi yang terus memberikan pengorbanan terbaik untuk menjaga setiap jengkal tanah yang ada dalam wilayah NKRI.

“Tantangan yang dihadapi sangat berat karena pulau ini jauh dari daratan dan tidak ada penduduknya. Sehingga, betul-betul perlu jiwa dan semangat kenegaraan yang teguh dan kuat,” ujar Aulia Rahman.

Sementara itu Dansatgas Marinir Pulau Rondo, Letda (Mar) Zukhruf menyampaikan terimakasih yang luar biasa atas dukungan dan kehadiran unsur KNPI Kota Sabang ke Pulau Rondo.

Menurutnya jarang ada pihak yang mampu sampai ke pulau ini dan ternyata para pemuda dari KNPI Kota Sabang berhasil dan sanggup mencapai untuk bersilaturahmi dengan kami di Pulau Rondo ini.

Setelah mengunjungi Pulau Rondo, rombongan KNPI Kota Sabang yang dipimpin oleh Ferdiansyah, kemudian putar haluan menuju ke Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar, tepatnya ke Pulau Breuh.

Di pulau ini rombongan mengunjungi petugas Navigasi yang berjaga di Menara Mercusuar Willem’s Torrent peninggalan Belanda, kepada petugas Navigasi juga diucapkan selamat bertugas menjaga kedaulatan negara dalam NKRI dan tetap semangat. (Jalaluddin Zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here